MAN 2 LUBUKLINGGAU Berita AKMI Sebagai Penilaian Kompetensi Literasi Siswa Mandali

AKMI Sebagai Penilaian Kompetensi Literasi Siswa Mandali

Lubuklinggau, Humas

Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Lubuklinggau (Mandali) mengikuti Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) yang merupakan salah satu penilaian kompetensi mendasar sebagai upaya memotret kemampuan literasi siswa madrasah. Rabu (21/09)

Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) merupakan salah satu penilaian kompetensi mendasar terhadap seluruh murid madrasah jenjang MI, MTs dan MA sebagai alat ukur untuk mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat yang di luncurkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Pengertian dari AKMI itu sendiri adalah asesmen yang dilakukan pada siswa madrasah sebagai metode penilaian yang komprehensif untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya termasuk survei karakter.

Pelaksanaan AKMI di Mandali dimulai sejak tanggal 19 – 22 September 2022. Kegiatan AKMI selama 4 hari ini dibagi dalam 2 sesi. Untuk sesi pertama tanggal 19 – 20 September dilaksanakan oleh kelas XI IPA, sedangkan sesi kedua dimulai tanggal 21 – 22 September, dilaksanakan oleh kelas XI IPS dan XI Keagamaan.

Pelaksanaan hari pertama AKMI berjalan dengan lancar, peserta mengerjakan literasi membaca dan literasi numerasi, yang dimulai dari jam 07.30 – 10.15 dengan waktu istirahat selama 15 menit. Pada hari kedua, peserta mengerjakan literasi sains dan literasi sosial budaya.

Kepala Madrasah (Kamad) Saipul menjelaskan, AKMI bertujuan untuk pemetaan mutu pendidikan dan mengukur kompetensi peserta didik madrasah pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya.

“AKMI digelar sebagai upaya memotret kemampuan literasi siswa madrasah. Karenanya, AKMI menjadi kegiatan penting dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran siswa Mandali” jelas Saipul. (JNS)

5 Likes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.