MAN 2 LUBUKLINGGAU Berita Cegah Korupsi Waktu, Siswa Mandali Datang Pagi dan Sholat Dhuha

Cegah Korupsi Waktu, Siswa Mandali Datang Pagi dan Sholat Dhuha

Lubuklinggau, Humas

Pembiasaan sholat dhuha bersama adalah salah satu upaya positif yang dilakukan Madrasah Aliyah Negeri 2 Lubuklinggau (Mandali) sebagai media pendidikan karakter, guna mendisplinkan siswa agar terbiasa datang pagi sehingga dapat mencegah terjadinya korupsi waktu dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Selasa (25/10)

Pendidikan karakter diharapkan mampu menghasilkan dan menampilkan generasi yang tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual, tetapi memiliki kecerdasan emosional dan spiritual serta memiliki pribadi berkarakter yang selalu berusaha menjaga perkembangan dirinya dengan meningkatkan kualitas keimanan, akhlak, hubungan antar sesama manusia dan mewujudkan motto hidupnya bahagia dunia dan akhirat.

Salah satu program Mandali untuk menumbuhkan dan membentuk karakter disiplin peserta didik adalah melalui pembiasaan shalat dhuha di sekolah. Shalat dhuha merupakan salah satu shalat sunah yang dianjurkan untuk dikerjakan.

Kepala Madrasah (Kamad) Saipul menyampaikan aspek-aspek kedisiplinan yang selalu ditanamkan pihak Mandali pada siswa antara lain ketepatan waktu hadirnya ke sekolah, keaktifan hadir dalam pelajaran, kesiapan mengikuti pelajaran, sikap dan perhatian siswa dalam belajar, kepatuhan siswa mengerjakan tugas dan kebiasaan belajar dirumah.

“Penerapan disiplin waktu siswa dalam melaksanakan shalat dhuha sangat efektif, terbukti dari antusias siswa dalam melaksanakan kegiatan shalat dhuha di sekolah yang datang pagi sebelum pukul 07:00 WIB” ujar Saipul.

Saipul juga menerangkan melalui kegiatan shalat dhuha tersebut siswa sudah dapat berperilaku disiplin dan berperilaku baik. Pelaksanaan shalat dhuha sebagai pembentukan karakter peserta didik dilakukan sesuai jadwal, dan tepat waktu, dilakukan secara terus menerus secara konsisten.

“Waktu pelaksanaannya yang terprogram dan terjadwal inilah yang akan membentuk karakter disiplin peserta didik, karena peserta didik akan terbiasa mengikuti pembiasaan shalat dhuha sesuai jadwal yang telah ditentukan. dengan diadakannya pembiasaan seperti ini yakni shalat dhuha setiap hari, diharapkan akan terbentuk nilai-nilai karakter dari peserta didik yang disiplin, sehinga terhindar dari prilaku korupsi waktu” pungkas lulusan S2 STIE ini. (JNS)

1 Likes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.