MAN 2 LUBUKLINGGAU Berita Kerjakan Soal PAT, Siswa Mandali Gunakan Smartphone

Kerjakan Soal PAT, Siswa Mandali Gunakan Smartphone

Lubuklinggau, Humas

Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Lubuklinggau (Mandali) tengah melaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT), dalam menjawab atau mengerjakan soal-soal Ujian tersebut, para peserta PAT menggunakan handphone (HP) berbasis android atau Smartphone. Bagi mereka yang tidak memiliki HP atau HP miliknya sedang rusak, dapat mengerjakan soal ujian menggunakan komputer sekolah. Kamis (02/06)

Ini seperti yang terlihat pada pelaksanaan PAT tahun 2023, pada pelaksanaan hari Kelima, siswa Mandali mengikuti PAT di beberapa ruang, dan masing-masing menggunakan HPnya yang berbasis android.

Waka Akademik Kartini menjelaskan, mengacu pada perkembangan era digital sekaligus melatih kejujuran dan kecurangan mengingat soalnya diacak disetiap google form siswa, maka dilaksanakan tes menggunakan Smartphone. Dalam pelaksanaan ujian ini juga tidak menggunakan kertas, sehingga dapat mengurangi polusi sampah dan menghemat biaya atau anggaran.

“Mau tidak mau, sekarang kemajuan iptek begitu pesat, kita harus menyesuaikan diri, Pemakaian aplikasi ini selain memudahkan, juga bisa melatih kejujuran siswa peserta ujian. Untuk kejujuran anak dengan tes menggunakan android bisa dipantau dari situ karena soal diacak. Berikutnya, kita tidak menggunakan kertas jadi mengurangi polusi sampah dan menghemat biaya juga” jelas Kartini.

Kartini menambahkan sebelum pelaksanaan PAT, panitia juga sudah melaksanakan simulasi bila saat ini diketahui ada gangguan, langsung dievaluasi, dibahas dan diselesaikan, sehingga pada saat pelaksanaan tidak ditemui adanya kendala.

“Dalam pelaksanaan PAT, beberapa siswa ada yang mengerjakan soal ujian menggunakan komputer yang ada di Ruang Laboratorium sekolah. Karena mereka tidak memiliki HP berstandar android, atau jika siswa memiliki kendala jaringan” jelas lulusan S1 IAIN Raden Fatah ini. (JNS)

1 Likes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.