MAN 2 LUBUKLINGGAU Berita Pelaksanaan Upacara Bendera di Mandali Untuk Meningkatkan Disiplin Siswa

Pelaksanaan Upacara Bendera di Mandali Untuk Meningkatkan Disiplin Siswa

Lubuklinggau, Humas

Pagi yang cerah, Seperti biasanya setiap hari senin para peserta didik Madrasah Aliyah Negeri 2 Lubuklinggau (Mandali) berbaris dengan rapi di Lapangan Madrasah sebelum mengawali kegiatan belajar mengajar, untuk melaksanakan kegiatan Upacara Penaikan Bendera dalam rangkan meningkatkan disiplin siswa. Senin (07/11)

Pelaksanaan Upacara bendera di Madrasah adalah hal yang penting, upacara bendera di Madrasah merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang mencakup nilai-nilai penanaman sikap disiplin, kerjasama, rasa percaya diri, dan tanggung jawab yang mendorong lahirnya sikap dan kesadaran berbangsa dan bernegara serta cinta tanah air di kalangan peserta didik.

Adapun Kelas yang mendpatkan giliran sebagai pelaksana upacara pada hari ini adalah kelas XI AGAMA 1 Petugas upacara setiap minggunya bergilir dengan kelas lain sehingga memberikan kesempatan dan ruang kepada yang lain untuk bisa belajar sebagai petugas pelaksana upacara bendera.

Pengibaran bendera merah putih oleh petugas upacara dan diiringi lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan oleh kelompok paduan suara dimulai oleh pembacaan teks UUD 1945, Pancasila dan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan.

Kepala Madrasah Saipul selaku pembina upacara menyampaikan beberapa pesan tentang upacara yang harus tetap di laksanakan setiap hari senin, juga membahas tentang pembenahan beberapa fasilitas madrasah agar menuju Madrasah Mandiri Berprestasi.

“Kegiatan upacara ini diharapkan dapat meningkatkan disiplin para peserta didik Mandali, melatih mental anak dalam penampilan dimuka umum dan belajar menghargai jasa para pahlawan” tutur Saipul.

Selanjutnya jelas Saipul hal lain yang bisa kita petik melalui upacara bendera adalah pembelajaran untuk lebih bertanggung jawab. Para pemimpin dan petugas upacara belajar bertanggung jawab terhadap pelaksanaan seluruh rentetan kegiatan upacara dan bagian masing-masing. Peserta upacara bertanggung jawab membuat upacara berjalan dengan lancar dengan mengikuti seluruh prosesnya secara tertib tidak melakukan gerakan selain yang diperintahkan.

“Agar pelaksanaan Upacara Bendera di Madrasah mencapai tujuannya, maka upacara bendera harus diselenggarakan dengan sebaik-baiknya, sehingga perlu disusun pedoman mengenai tata cara penyelenggaraan upacara bendera. Upacara ini diharapkan dapat meningkatkan nilai-nilai penanaman sikap disiplin, kerja sama, rasa percaya diri, dan tanggung jawab. Dengan begitu, hal ini dapat mendorong lahirnya sikap dan kesadaran berbangsa dan bernegara serta cinta tanah air di kalangan peserta didik” tambah lulusan S2 STIE ini. (JNS)

3 Likes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.