MAN 2 LUBUKLINGGAU Berita Peranan Ekstrakurikuler Mandali Dalam Meningatkan Sikap Kedisiplinan Siswa

Peranan Ekstrakurikuler Mandali Dalam Meningatkan Sikap Kedisiplinan Siswa

Lubuklinggau, Humas

Sekolah sebagai lembaga pendidikan memiliki peran penting meningkatkan sikap kedisiplinan, salah satu upaya yang dilakukan Madrasah Aliyah Negeri 2 Lubuklinggau (Mandali) untuk meningkakan kedisiplinan siswa adalah dengan mengadakan kegiatan ekstrakurikuler di luar jam sekolah. Sabtu (06/08)

Disiplin merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi dunia pendidikan saat ini, salah satu contohnya adalah tidak sedikit siswa yang masih terlambat datang kesekolah, ini merupakan perwujudan dari masih kurangnya kesadaran dalam disiplin waktu, padahal disiplin merupakan salah satu upaya menuju gerbang kesuksesan.

Sekolah memiliki peran penting dalam mendisiplinkan siswa salah satunya adalah memberikan hukuman ketika siswa tersebut melanggar peraturan, tetapi ada juga alternatif lain selain itu yaitu dengan mengadakannya kegiatan ekstrakurikuler, dimana kegiatan ekstrakurikuler ini juga sekaligus dapat melatih tingkat kedisiplinan siswa.

Mandali melaksanakan kegiatan Ekstrakulikuler yang dijadwalkan 2 hari dalam 1 pekan, yakni setiap hari Jum’at dan Sabtu setiap pukul 15:00 WIB. Ada 26 Ekstrakulikuler yang terdaftar yang dibagi menjadi 13 Eskul dalam 1 hari.

Kepala Madrasah (Kamad) Saipul menjelaskan Ekstrakurikuler merupakan bagian dari program pembinaan kesiswaan, yang termasuk kelompok bidang peningkatan mutu pendidikan. Artinya, kegiatan ekstrakurikuler dirancang dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di sekolah, yang memperkuat penguasaan kompetensi dan memperkaya pengalaman belajar peserta didik melalui kegiatan di luar jam pelajaran.

 “Ekstrakurikuler merupakan jembatan sekaligus solusi untuk menempa kedisiplinan siswa, sikap disiplin merupakan sikap yang harus ditanamkan dan lebih mudah menanamkan sikap disiplin kepada siswa yang memang aktif berorganisasi ketimbang menanamkan disiplin kepada siswa yang tidak mengikuti organisasi. Siswa yang aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seperti memiliki sikap kedewasaan yang lebih tinggi, bertanggung jawab, aktif dan energic” jelas Saipul.

Lanjut Saipul juga menjelaskan bahwa kegiatan ekstrakurikuler sebagai wadah pengembangan potensi peserta didik, dapat memberikan dampak positif dalam penguatan pendidikan karakter.

“Seseorang akan sukses apabila selalu bertanggung jawab terhadap kehidupannya, mereka disiplin dalam menggunakan waktu dan disiplin dimulai dari diri kita sendiri seperti beribadah tepat waktu, tidak terlambat pergi kesekolah” tambah ayah 3 anak ini. (JNS)

5 Likes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.