MAN 2 LUBUKLINGGAU Berita Perpustakaan MAN 2 Lubuklinggau Terakreditasi “A” Tingkat Nasional

Perpustakaan MAN 2 Lubuklinggau Terakreditasi “A” Tingkat Nasional

Lubuklinggau,Humas
 Setelah proses penilaian akreditasi pada 9 September 2020 oleh Asesor Andri Wijayanto, S.Sos. Yang diadakan oleh Perpustakaan Nasional, Senin (23/11), perpustakaan MAN 2 Lubuklinggau dinyatakan terkareditasi dengan predikat “A”. Hari ini Kepala Perpustakaan Ibu Dra.Hj. Samsuarni,M.Pd. menerima langsung sertifikatnya di Perpustakaan Kota Lubuklinggau, Senin (23/11)
Hj Samsuarni mengatakan pengumuman kabar bahagia ini diinfokan oleh pihak Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Lubuklinggau pada hari ini (Senin.red). Pihak perpustakaan Kota Lubuklinggau pun langsung menyerahkan Sertifikat Akreditasi Perpustakaan Kota Lubuklinggau yang terakreditasi dengan predikat A.
“Alhamdulillah sangat bersyukur sekali dengan hasilnya, dan terima kasih kepada Kepala Madrasah dan seluruh rekan guru dan staf MAN 2 yang telah mensupport proses akreditasi perpustakaan,”ungkapnya.Khususnya, lanjutnya, kepada kepala MAN 2 yang terus mensupport baik dalam bentuk materil maupun moril kepada tim. “Penilaian akreditasi ini sendiri dilaksanakan secara online, dimana kita melengkapi 6 kompenen yang dinilai. Seperti koleksi, sarana prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan,  penyelenggaraan pengelolaan dan kompenen penguat,”jelasnya.
Pada kompenen penguat, Perpustakaan diharuskan memiliki keunikan, kreatisitas dan inovasi dari perpustakaan. Dan dalam hal ini, perpustakaan MAN 2 membuat klasifikasi koleksi buku agar mudah ditemukan dan dicari. Seperti penggunaan label pada buku yang klasifikasikan sesuai warna dan kode tersendir “Jadi kalau anak ingin meminjam ataupun mengembalikan buku, akan memudahkan siswa siswi,”ungkapnya.
Selain itu, lanjutnya, pihak perpustakaan MAN 2 Lubuklinggau juga melakukan promosi kepada siswa siswi, dengan melaksanakan sosialisasi ke kelas-kelas dan memasang pengumuman mengenai buku baru di papan pengumuman, serta menggelar kegiatan lomba-lomba, seperti lomba puisi, resensi buku dan bimbingan literasi lainnya.
Saat ini, Perpustakaan MAN 2 Lubuklinggau memiliki 2610 judul buku dengan 25.260 eksemplar. Dan ada juga koleksi non buku sebanyak 312 judul dengan 2974 eksemplar.Pada kesempatan ini, Hj Samsuarni berharap setelah masuk sekolah kembali, anak-anak MAN 2 lebih rajin lagi ke perpustakaan, karena di Perpustakaan MAN 2 sudah memiliki fasilitas lengkap, seperti WIFI untuk akses internet, buku digital, buku dalam bentuk fisik, mengakses secara online juga bisa, dan memiliki tempat yang nyaman.
Sementara itu, Kepala MAN 2 Lubuklinggau Saipul Basin mengucapkan selamat kepada tim Perpustakaan MAN 2 yang sudah mengupayakan perpustakaan meraih akreditasi A. Dirinya berharap perpustakaan MAN 2 kedepannya akan lebih baik lagi dan terus melahirkan inovasi dan kreastifitas lainnya untuk memberikan semangat ataupun motivasi kepada siswa MAN 2 agar lebih rajin ke Perpustakaan. (MRY)
1 Likes