MAN 2 LUBUKLINGGAU Berita Rapat Kenaikan Kelas Mandali Sebagai Evaluasi dan Apresiasi

Rapat Kenaikan Kelas Mandali Sebagai Evaluasi dan Apresiasi

Lubuklinggau, Humas

Madrasah Aliyah Negeri 2 Lubuklinggau (Mandali) telah melaksanakan rapat kenaikan kelas sebagai momentum evaluasi dan apresiasi pembelajaran selama satu tahun, kegiatan tersebut berlangsung di ruang serbaguna pada hari Rabu, 22 Juni 2022 secara luring yang dipimpin oleh Kepala Madrasah bersama Kepala TU dan Wakil Kepala TU yang dihadiri oleh Wali Kelas dan dewan guru. Rabu (22/06)

Rapat kenaikan kelas adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh wali kelas dan dewan guru di sekolah karena beban tugas yang disandangkan kepada wali kelas selama 1 tahun akan dipertaruhkan dihadapan rapat dewan guru. Rapat dewan guru untuk kenaikan kelas pada hakikatnya merupakan proses penetapan kenaikan tingkat siswa yang ditandai dengan analisa dan kajian hasil atau prestasi belajar siswa selama setahun. Warga sekolah akan bisa mengevaluasi sejauh mana ketercapaian pembelajaran, apakah sudah tuntas atau masih jauh dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Kepala Madrasah Saipul, menyampaikan bahwa rapat kenaikan kelas adalah kegiatan terakhir dari proses penentuan nasib siswa kelas X dan XI selama Pertemuan Tatap Muka Terbatas (PTMT) selama satu tahun.

“Ditangan bapak/ibu nasib peserta didik ditentukan, apakah naik atau tinggal kelas. Sesuaikanlah dengan kriteria kenaikan kelas yang ada saat ini, dan berbijak-bijaklah dalam menentukan peserta didik tinggal kelas, siapkan administrasi yang lengkap baik penilaian maupun kehadirannya agar tidak terjadi masalah dikemudian hari” jelas Saipul.

Selama rapat berlangsung, memang tak ayal beberapa siswa diberikan apresiasi secara tidak langsung. Hal ini lantaran progres yang diraih oleh siswa bersangkutan. Meski sebagian besar proses pembelajaran berlangsung dari rumah, tapi siswa bisa meraih hasil maksimal.

Terbukti dari nilai-nilai yang cukup memuaskan. Lebih dari itu, mereka juga menunjukkan karakter yang baik sebagaimana yang diharapkan dari beberapa program penguatan karakter yang dilaksanakan. Alhasil, saat rapat ditutup, semua siswa pun dinyatakan naik kelas.

Pada akhir rapat Kepala Madrasah tidak lupa mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan bimbingan wali kelas X dan XI serta tim teknis, sehingga menghasilkan keputusan bersama pada rapat kenaikan kelas.

“Rapat yang kita gelar ini, tidak serta merta akan menentukan siswa naik atau tidak ke level berikutnya. Akan tetapi, hal yang lebih penting dari itu semua adalah kita bisa mengetahui sejauh mana progres anak-anak kita. Tentu dalam diri mereka ada hal-hal yang masih harus kita benahi. Namun di sisi lain, tentu ada juga hal-hal yang patut kita apresiasi. Semua itu penting untuk kita ketahui bersama demi kesuksesan anak-anak kita nantinya” ungkap lulusan S2 STIE Saipul. (JNS)

0 Likes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.