MAN 2 LUBUKLINGGAU Berita Siswa Mandali Ikuti Lomba Sang Juara Tingkat Sumsel

Siswa Mandali Ikuti Lomba Sang Juara Tingkat Sumsel

Lubuklinggau, Humas

5 Siswa Marasah Aliyah Negeri 2 Lubuklinggau (Mandali) mengikuti Lomba Sang Juara dengan tema Payo ke Museum, Event tahunan yang memperebutkan piala bergilir Gubernur Tingkat Sumatera Selatan (Sumsel) ini, merupakan Kerjasama antara Museum Negeri Sumsel, Balaputra Dewa, dengan Harian Umum Palembang Ekspres dan Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI) Sumsel. Kamis (15/09)
Kegiatan ini diikuti oleh Siswa SMA/SMK/MA Kabupaten/Kota Se-Sumatera Selatan yakni Palembang, Lubuklinggau, Pali, Gelumbang (Muara Enim), Muba, OI, Banyuasin, dan OKI.
Dalam lomba ini, nantinya siswa menjawab sejumlah pertanyaan berkenaan dengan permuseuman, sejarah Indonesia dan pengetahuan umum.
Adapun soal yang dilombakan adalah permuseuman 40 persen, soal sejarah Indonesia 30 persen, soal lokal dan pengetahuan umum 20 persen.
Kepala Madrasah (Kamad) Saipul mengatakan, pihaknya mendukung kegiatan lomba ini sebagai langkah untuk meningkatkan wawasan para peserta terkait dengan permuseuman.
“Kita sangat mendukung program ini karena efektif mengedukasi siswa dalam menambah wawasan umum terutama sejarah dan permuseuman” ujar Saipul.
Marilin Aprilia salah satu Guru Sejarah Mandali yang mendampingi siswa menjelaskan, lomba sang juara bertujuan meningkatkan wawasan para pelajar terkait peninggalan benda bersejarah yang tersimpan di Museum Negeri Sumsel. Selain itu, lomba ini juga sebagai langkah untuk meningkatkan jumlah pengunjung terutama dari kalangan kawula muda.
“Lomba Sang Juara dengan tema Payo ke Museum ini sebagai ajang siswa untuk berkreasi dan berkompetisi, juga menjadi salah satu bentuk kegiatan yang dipilih untuk menyebarluaskan informasi tentang warisan budaya dan cagar budaya. Adapun materi lomba mengandung unsur Pengetahuan Umum Kebudayaan, Sejarah Perjuangan Bangsa dan Permuseuman yang dipersiapkan oleh AGSI” jelas Marilin. (JNS)

1 Likes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.