MAN 2 LUBUKLINGGAU Berita UH Sebagai Evaluasi Tahap Awal Pelaksanaan Pembelajaran di Mandali

UH Sebagai Evaluasi Tahap Awal Pelaksanaan Pembelajaran di Mandali

Lubuklinggau, Humas.

Ulangan harian (UH) adalah kegiatan yang dilakukan secara periodik bagi Madrasah Aliyah Negeri 2 Lubuklinggau (Mandali) untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu Kompetensi Dasar (KD) atau lebih. Selain itu ulangan harian adalah bagian dari evaluasi yang merupakan suatu proses yang mencakup pengukuran dan mungkin juga testing, yang berisi pengambilan keputusan tentang suatu nilai. Kamis (17/02).

Waka Bidang Akademik Kartini menjelaskan, dalam rangka penilaian hasil belajar dalam bentuk laporan setiap akhir semester bagi peserta didik berbentuk rapor, penilaian kami lakukan melalui ulangan harian sebagai pendeteksi dan evaluasi tahap awal dalam pelaksanaan proses belajar mengajar yang biasa dilakukan minimal setiap menyelesaikan satu KD, ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester.

Ulangan harian ini kami para guru laksanakan dengan tujuan mengetahui deskripsi kemampuan belajar peserta didik selama paling tidak satu KD, untuk mengetahui tingkat keberhasilan proses belajar mengajar yang telah dilakukan guru masing-masing mata pelajaran dalam kurun waktu tertentu, untuk menentukan tindak lanjut hasil penilaian pada pelaksanaan pembelajaran dan memberikan pertanggung jawaban dari tiap kegiatan pembelajaran yang dilakukan” Ujar Kartini.

Selanjutnya kartini menjelaskan, dalam rangka penilaian hasil belajar dalam bentuk laporan setiap akhir semester bagi peserta didik berbentuk rapor, penilaian kami lakukan melalui ulangan harian sebagai pendeteksi dan evaluasi tahap awal dalam pelaksanaan proses belajar mengajar yang biasa dilakukan minimal setiap menyelesaikan satu KD, ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester.

“Ulangan harian ini dilakukan bertujuan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik terhadap materi-materi yang diajarkan, memperbaiki proses pembelajaran yang tidak tepat sasaran, mendiagnosis kesulitan belajar peserta didik, dan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan belajar peserta didik bagi seluruh guru mata pelajaran, selain melakukan perencanaan proses pembelajaran, juga melakukan penilaian hasil pembelajaran sebagai upaya terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien” Jelas lulusan S1 IAIN Raden Fatah ini. (JNS)

3 Likes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.