MAN 2 LUBUKLINGGAU Berita Untuk Meningkatkan Kompetensi, Guru PAI MANDALI Ikuti Diklat

Untuk Meningkatkan Kompetensi, Guru PAI MANDALI Ikuti Diklat

Lubuklinggau,Humas

Guru Pendidkan Agama Islam (PAI) MAN 2 Lubuklinggau Ali Gufron, Mengikuti Diklat Al Quran Hadits di Balai  Pendidikan Keagamaan Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan. Kegiatan diikuti oleh guru Sesumbagsel dari Bangka Belitung, Lampung, Bengkulu dan Sumsel. Dengan tujuan untuk meningkatkan kompentensi  guru, pada pukul 14.00. dibuka secara resmi. Selasa (23/03).

Sebagai Informasi dalam kegiatan ini pada pukul  dibuka langsung oleh kepala Bandiklat  Bapak Savitri Irwan, yang diwakili oleh Kasubag TU Kegiatan ini dilaksanakan tetap sesuai protokol kesehatan covid 19.

Dalam kata sambutan Kasubag TU dalam pembukaan Diklat tersebut bahwa tujuan meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, dak peserta mengenai kompetensi prmbelajarzn tematik, agar dpt melaksanakan tupoksi dengan profesional sesuai standar kompetensi. Dalam kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 22- 27 Maret 2021, untuk itu jaga kesehatan agar dapat mengikuti kegitan hingga akhir, zona hijau pembelajaran klasikal, sedang zona merah secara daring, sistem pengajaran daring yg dilakukan dimasa pandemi covid-19 ini dirasa kurang maksimal, sebagian guru hanya memberikan beban tugas tanpa disertai penjelasan materi.

Menurut Pak Ali Qupron,  yang mengikuti diklat secara Pembelajaran Klasikal ” Pada sesi ini 1 (22/03) pukul 15.00-17.30. WIB Kami para  peserta pelatihan guru Al-quran hadits diberikan materi kegiatan oleh narasumber Tontowi, dengan materi Building Learning Commitment, dimana pada kegiatan ini peserta pelatihan diajak untuk menyatukan persepsi dalam mengikuti kegiatan pelatihan sehingga dapat berjalan tanpa ada hambatan.”

“Luar biasa  piawai sekali narasumber dalam menyampaikan materi, sehingga dengan waktu yg ada, tidak sedikitpun booring tampak menghampiri peserta pelatihan saat mengikuti proses pembelajaran. Dalam kesempatan ini, beliau menyampaikan bahwa ada 4 tipe guru, diantaranya ada tipe guru yg biasa2 saja. Guru yg masuk dalam tipe ini adalah guru yg hanya memberitahu tentang sesuatu kepada anak didiknya. Ada lg tipe guru yg baik, yaitu guru yg memberikan penjelasan dalam mengajarkan tentang sesuatu kpd anak didiknya. Selanjutnya, ada juga guru yang bagus, inilah guru yg tidak hanya memberi tahu tapi juga menjelaskan secara aplikatif tentang sesuatu kpd anak didiknya. Menurut beliau, tipe guru yg terakhir adalah guru yg senantiasa memberikan inspirasi kepada anak didiknya agar dapat mengembangkan potensi anak didiknya. Hari ini, kami semua peserta pelatihan seolah2 dipaksa agar membuka mata dan mengubah mindset untuk berintrospeksi diri terhadap pelaksanaan tupoksi kami sebagai guru selama ini.” Ungkap Bahagia Alumni S1 UIN RF ini (MRY).

5 Likes