MAN 2 LUBUKLINGGAU Berita Upacara HSN Secara Virtual Di MANDALI, Diikuti Secara Hikmat

Upacara HSN Secara Virtual Di MANDALI, Diikuti Secara Hikmat

Lubuklinggau,Humas

Pagi ini di ruang kelas MAN 2 Lubuklinggau, terlihat Kepala Madrasah, Kepala TU, Para Waka, Pembina Keagamaan  dan Dewan Guru yang piket WFO (work From Office) mengikuti upacara Hari Santri Nasional ( HSN) Secara Virtual  yang terpusat di halaman Kantor Kementerian Agama Jalan Lapangan Banteng Barat Nomor 3-4 Jakarta Pusat dimulai pukul 08.00 WIB. Rabu (22/10)

Kita patut bersyukur bahwa kalangan santri memiliki hari yang teramat istimewa, dimana tanggal 22 oktober telah ditetapkan oleh presiden joko widodo menjadi hari santri melalui keputusan presiden nomor 22 tahun 2015 tentang hari santri.  Tanggal 22 oktober merujuk pada tercetusnya “resolusi jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan indonesia. Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 nopember 1945 yang kita diperingati sebagai hari pahlawan.

Selain penetapan hari santri, santri dan pesantren juga telah memiliki undang-undang nomor 18 tahun 2019 tentang pesantren. Undang-undang ini memberikan afirmasi, rekognisi, dan fasilitasi terhadap pesantren dalam melaksanakan fungsi pendidikan, fungsi dakwah, dan fungsi pemberdayaan masyarakat.

Berdasarkan Kata Sambutan yang disampaikan  oleh Menteri Agama RI dalam Amanatnya “Selain penetapan hari santri, santri dan pesantren juga telah memiliki undang-undang nomor 18 tahun 2019 tentang pesantren. Undang-undang ini memberikan afirmasi, rekognisi, dan fasilitas terhadap pesantren dalam melaksanakan fungsi pendidikan, fungsi dakwah, dan fungsi pemberdayaan masyarakat. Agar undang-undang pesantren lebih implementatif, kementerian agama diberikan mandat untuk mempersiapkan regulasi turunannya berupa peraturan presiden tentang pendanaan penyelenggaraan pesantren serta beberapa peraturan menteri agama”

Kepala Madrasah sangat senang sekali hari ini, kegiatan Upacara HSN secara Virtual dapat berjalan lancar yang diikuti oleh keluarga besar MANDALI untuk itu saya secara pribadi Mengucapkan “ Selamat Hari Santri Nasional yang kelima semoga para Santri Di Indonesia selalu sehat dan Kuat sesuai  sesuai Slogan “Santri Sehat Indonesia Kuat”.

“Upacara HSN tahun ini cukup menarik, Sesuai Surat Edaran dari kementerin Agama RI, memperingati HSN tahun 2020 akan dilaksanakan secara langsung di Kementerian Agama dilaksanakan terpusat di halaman Kantor Kementerian Agama Jalan Lapangan Banteng Barat Nomor 3-4 Jakarta Pusat dimulai pukul 08.00 WIB dan dapat diikuti secara virtual. 1.a.Peserta terlebih dahulu mendaftar melalui tautan http://bit.ly/UpacaraHariSantri2020 b.Peserta mengikuti upacara melalui zoom meeting ID 981 7789 7440 dan passcode HariSantri atau akun youtube Pendis Channel, fanpage Pendidikan Pesantren, dan instagram @pendidikanpesantren c.Peserta yang mendaftar akan mendapatkan sertifikat elektronik yang ditandatangani Menteri Agama. 2.Peserta upacara menggunakan sarung, atasan putih, berpeci hitam bagi laki-laki, sementara untuk perempuan dapat menyesuaikan. 3.Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provisi dan Kepala Kantor Kementerian AgamaKabupaten/Kota agar menginformasikan kepada Pimpinan Pesantren di wilayah saudara untuk pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hari Santri 2020. 4.Mempublikasikan pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hari Santri 2020 di media sosial atau media lainnya.5.Upacara Bendera Peringatan Hari Santri 2020 dilaksanakan dengan Protokol Kesehatan dalam rangka pencegahan dan pengendalian COVID-19.” Tutup Alumni S2 STIE  ini. (mry)

3 Likes